Prosiding SNIP 2016
Prosiding ini merupakan produk dari Seminar Nasional Inovasi Pendidikan dengan tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Prosiding ini disajikan menjadi beberapa bagian. Pertama, menyajikan makalah utama dari pembicara seminar. Kedua, menyajikan makalah pendamping yang berkaitan dengan subtema Inovasi Pembelajaran. Ketiga, menyajikan makalah pendamping yang berkaitan dengan subtema Pendidikan Karakter. Keempat, menyajikan makalah pendamping yang berkaitan dengan subtema Pendidikan Kewirausahaan. Kelima, menyajikan makalah pendamping yang berkaitan dengan subtema Profesionalisme Guru.
ISBN: 978-602-397-040-7
Prosiding SNIP 2017
Seminar Nasional Inovasi Pendidikan tahun 2017 menghasilkan produk berupa buku bunga rampai berjudul INOVASI PENDIDIKAN Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21.
Buku bunga rampai ini disajikan menjadi beberapa bagian. Pertama, menyajikan Perspektif Karakter, Literasi dan Pembelajaran Abad 21. Kedua, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Pendidikan Karakter. Ketiga, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Inovasi Pembelajaran Abad 21. Keempat, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Literasi. Kelima, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Pembelajaran Berbasis TIK. Keenam, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Ketujuh, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan. Kedelapan, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Profesionalisme Guru.ISBN: 978-602-6977-53-3
2017: Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan
Table of Contents
Articles
COVER PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI PENDIDIKAN | |
Cover Cover |
DAFTAR ISI PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI PENDIDIKAN | |
Daftar Isi |
PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI PENDIDIK ABAD-21 | |
Zuhdan Kun Prasetyo |
PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU GENERASI EMAS 2045 | |
Munawir Yusuf |
LITERASI UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ABAD 21 | |
Samto Samto |
PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI GURINDAM DUA BELAS | |
Suhartono Suhartono |
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SENI KARAWITAN | |
Joko Daryanto |
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARANPEMBIASAAN BERBASIS SISTEM AMONG ASAH ASIH ASUH (A3) MELALUI BERMAIN UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI | |
Siti Wahyuningsih, Sri Yutmini, Sutarno Sutarno, Dewi Rochsantiningsih |
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENEGAK | |
Agus Suyamto |
MENTORING AGAMA ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA | |
Dwi Novitasari, Arum Haryanti, Ashlihatul Istiqomah Arrobiah, Moh Salimi |
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KESENIAN TARI CEPETAN ALAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KEBUMEN | |
Azmi Zakiyya Pratami, Eka Setya Septiningrum, Istinganatuzzakiyah Istinganatuzzakiyah, Ratna Hidayah |
PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH | |
Risma Mila Ardila, Nurhasanah Nurhasanah, Moh Salimi |
PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN BERBASIS PADA MISI KENABIAN | |
Fahri Hidayat |
LOCAL BASED CURRICULUM UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI YANG BERKARAKTER KUAT | |
Lutfi Amaliyah Fuadah |
IMPLEMENTASI K-13 TERHADAP PENGEMBANGAN EQ PADA SISWA KELAS IV SDN 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018 | |
Yuni Latifah, Resti Nur Azilah, Trianah Agustin, Rizki Amalia |
PROFIL PENGUASAAN LAGU PERJUANGANPADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TAMANWINANGUN | |
Liftahul Sekar Aji, Rahma Auliya Arsy, Moh Salimi |
IMPLEMENTASI LKS IPA TEMA “KECAP KEDELAI” BERBASIS PENDEKATAN STM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA | |
Oky Ristya Trisnawati |
ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI STRATEGI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD | |
Kartika Chrysti Suryandari, Sajidan Sajidan, Sentot Budi Rahardjo, Zuhdan Kun Prasetyo |
PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILLS) DI SEKOLAH DASAR | |
Ferina Agustini, Khusnul Fajriyah |
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF KOTA YOGYAKARTA | |
Abdul Rahim, Taryatman Taryatman |
PEMBELAJARAN SAINS YANG HUMANIS DI SEKOLAH DASAR | |
Atika Dewi Evitasari |
ANALISIS KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018) | |
Yufi Nufitasari, Kartika Chrysti Suryandari, Suhartono Suhartono |
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA “ALARM KEBAKARAN” SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR | |
Wahyu Retnoningsih, Icha Larasati, Kartika Chrysti Suryandari, Siti Fatimah |
ANALISIS GERAK PERMAINAN ROKET AIR DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR | |
Rudi Danang Widodo, Rifqi Aulia Rahman, Syifa' Lana, Siti Fatimah |
STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA SISWA KELAS V SDN 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018 | |
Mega Meilina Priyanti, Kartika Chrysti Suryandari, Imam Suyanto |
IMPLEMENTASI RESEARCH- BASED LEARNING (RBL) DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK | |
Tri Saptuti Susiani, Ratna Hidayah, Moh Salimi |
MEDIA SMART LOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT PRESENT TENSE | |
Ndayani Ndayani |
LITERASI MATEMATIKA DALAM KERANGKA PISA 2012 | |
Rayi Siti Fitriani, Atep Lesmana |
PEMBELAJARAN PENERJEMAHAN TEMBANG MACAPATSEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI | |
Aris Wuryantoro |
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH | |
Hery Pratomo |
KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) PADA MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA | |
Rina Yuliana, Ana Nurhasanah |
ANALISIS PENGGUNAAN BUKU AJAR TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DISEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LANGSA BARAT | |
Fadhil Sidiq, Lailatusysyukriyah Lailatusysyukriyah |
PELAKSANAAN FUNGSI PERPUSTAKAAN SD NEGERI RAHAYU | |
Ratna Hidayah, Eko Andri Susilo |
DAMPAK PERPUSTAKAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR DI SDN 1 KUTOSARI KEBUMEN | |
Alfi Nur Hayati, Laras Mahmudah, Moh Salimi |
LITERASI INFORMASI UNTUK MAHASISWA KEPENDIDIKAN | |
Siti Zaenab, Noviatun Khasanah, Moh Salimi |
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EVALUASI PEMBELAJARAN DI PGSD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL | |
Jenny Indrastoeti SP, Siti Istiyati |
PERSPEKTIF TEKHNOHUMANISTIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR | |
I Ketut Ngurah Ardiawan |
MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS EDUTAIMENTDALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR | |
Kartono Kartono, Siti Kamsiyati, Idam Ragil Widianto Atmojo |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS II SD NEGERI 1 KARANGTANJUNG | |
Syifa Khoerunnisa, Susilailiy Rahmawati, Muhamad Chamdani |
PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR | |
Ahmad Syawaludin, Etika Kusumawarti, Hariyatunnisa Ahmad |
EKSPLORASI NILAI BUDAYA BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL MELALUI DRAMA TRADISIONAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH | |
Dwi Susilowati |
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPA | |
Encep Andriana, Mudmainah Vitasari, Yuvita Oktarisa, Diana Citra Damayanti |
PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KEBUDAYAAN “SURONAN” DUSUN JOGOPATEN SEBAGAI SIKAP POSITIF BAGI GENERASI PENERUS BANGSA | |
Diyani Ayu Karimizzah, Maulida Ajeng Priyatnomo, Muhamad Chamdani |
PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI LIPI KARANGSAMBUNG SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN SEMANGAT BELAJAR SISWA SD | |
Hani Oktavia Kurnianingsih, Ana Nur Fajriyati, Inayatust Sa'diyah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah |
JAJANAN TRADISIONAL SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPS UNTUK SEKOLAH DASAR | |
Maulida Ajeng Priyatnomo, Wahyu Khasanah, Moh Salimi |
RAGAM PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL | |
Novita Donna Zamzami, Novi Nurhayati, Musfik Wahyu Sofiyulloh, Moh Salimi |
PENGELOLAAN KELAS YANG BAIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI | |
Farida Zuniar, Muhamad Chamdani |
PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH | |
Rokhmaniyah Rokhmaniyah |
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI PEMBIMBINGAN TATAP MUKA DAN EMAIL BAGI GURU SEKOLAH DASAR | |
Sukarno Sukarno, Lies Lestari, Yulianti Yulianti, Sularmi Sularmi |
IMPLEMENTASI PEDAGOGIK LASALLIAN PADA GURU-GURU DI SD INPRES 03 PANIKI BAWAH KOTA MANADO | |
Kosmas Sobon, Jelvi Monica Mangundap |
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN | |
Wahyudi Wahyudi |
PENERAPAN SUPERVISI KLINIS SECARA PERIODIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS VI DI SEKOLAH BINAAN KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN | |
Karsiyem Karsiyem |
OPTIMALISASI JIWA TECHNOPRENUER CALON GURU SEKOLAH DASARMELALUI SMART (SEBELAS MARET ACADEMIC REVOLUTION TENTOR) | |
Siti Kamsiyati, Idam Ragil Widianto Atmojo |
PENGEMBANGAN KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MAGANG 3 MAHASISWA PGSD | |
Muhamad Chamdani |
KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KOTA LANGSA | |
Ronald Fransyaigu, Bunga Mulyahati |
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2017 | |
Anggun Larasati Hasyim, Dian Sindi Nofianti, Nurjihan Hasanah |