candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PEDAGOGIK LASALLIAN PADA GURU-GURU DI SD INPRES 03 PANIKI BAWAH KOTA MANADO

Kosmas Sobon, Jelvi Monica Mangundap

Abstract


Abstrak.Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis tentang:(1) Implementasi pedagogik Lasallian; (2) Faktor-faktor yang mendukung implementasi pedagogik Lasallian; dan(3)Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pedagogik Lasallian.Metode penelitian ini adalah naturalistic inquiry dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi.Tempat penelitian di SD Inpres 03 Paniki Bawah, Kota Manado. Waktu penelitian Juli-Agustus 2017.Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pedagogik Lasallian bagi guru-guru di SD Inpres 03 Paniki Bawah nampak pada: peningkatan kualitas pendidikan para guru lewat studi lanjut baik S1 atau S2 PGSD; keikutsertaan para guru dalam pelatihan, kursus, dan KKG; para guru disupervisi internal oleh kepala sekolah; kepala sekolah dan guru disupervisi eksternal oleh tim supervisi; rapat periodik bagi pimpinan sekolah, guru dan staf; dan pelaksanaan lembar evaluasi diri bagi para guru; (2) Faktor-faktor yang pendukung pelaksanaan pedagogik Lasallian adalah: program desain dan persiapan perangkat pembelajaran; penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif; hubungan baik kepala sekolah dan para guru; peningkatan hidup iman dan komunitas bagi warga sekolah; dan relasi dan komunikasi yang baik antara guru dengan peserta didik; (3)Faktor-faktor penghambat dalam implementasi pedagogik Lasallian, antara lain: faktor usia beberapa guru, kekurangan dana dalam pengembangan kompetensi guru, ketenangan belajar terganggung, dan lokasi/halaman sekolah yang sangat sempit.

Kata kunci: Kompetensi, Pedagogik, Pedagogik Lasallian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.