candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA “ALARM KEBAKARAN” SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR

Wahyu Retnoningsih, Icha Larasati, Kartika Chrysti Suryandari, Siti Fatimah

Abstract


Abstrak. Pendidikan abad 21 menuntut guru dapat mengembangkan pembelajaran secara kreatif dan inovatif. Tuntutan tersebut sesuai dengan tujuan sistem pendidikan nasional agar siswa mampu mengembangkan potensi diri dan keterampilannya secara aktif. Untuk mengoptimalkan tujuan sistem pendidikan nasional dan untuk memvisualisasikan konsep IPA yang abstrak menjadi real perlu adanya penggunaan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas media pembeljaran IPA “alarm kebakaran” sebagai penunjang keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) yang dibatasi pada langkah “Develop”. Produk yang dikembangkan telah dinilai oleh 1 ahli sains, 1 ahli media, 1 guru SD, dan 3 mahasiswa PGSD sebagai penilai teman sejawat. Kemudian produk ini telah diujikan kepada siswa SDN 1 Klapasawit dengan menggunakan sampel 5 siswa sebagai uji skala kecil dan 10 siswa sebagai uji skala luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alarm kebakaran masuk dalam kriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli media, ahli sains, guru SD, dan teman sejawat. Kriteria baik ditunjukan berdasarkan penilaian siswa pada uji skala kecil dan skala luas. Oleh karena itu, alat peraga ini dapat di gunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi listrik di Sekolah Dasar dan penunjang keterampilan berpikir siswa.

Kata Kunci:     Media Pembelajaran IPA, Pendidikan Abad 21, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.