candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH

Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract


Abstrak. Kepala sekolah merupakan faktor kunci suksesnya penyelenggaraan pendidikan. Kepala sekolah ialah guru yang mendapatka tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Masih banyak kepala sekolah yang belum menguasai pengetahuan manajemen secara optimal sehingga berpengaruh terhadap kinerja. Kepala sekolah banyak disibukkan dengan urusan administrasi daripada urusan mendidik, memimpin, mengelola, mengharmonisasikan kondisi, dan mengontrol sekolah. Artikel ini mendeskripsikan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengetahuan tentang manajemen terhadap kinerja kepala SMK di Kabupaten Kebumen? (2) menganalisis faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kinerja kepala SMK di Kabupaten Kebumen? Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan metode survey kausal. Sampel penelitian ini digunakan 52 SMK di Kabupaten Kebumen tahun 2009. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa koefisien dengan b1= 0,423, dan thitung = 5,547, sedang t tabel (51; 0,05) = 2,4 dan t tabel (51; 0,05) = 1,7. Karena thitung > t tabel (0,05) Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: pengetahuan manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja kepala sekolah. Artinya, peningkatan pengetahuan manajemen akan mengakibatkan peningkatan pada kinerja. Selain pengetahuan tentang manajemen terdapat faktor lain yang berpengaruh terhadap kinerja, seperti: sifat-sifat pemimpin, motivasi, iklim kerja, sarana dan prasarana, persepsi sukses, kompetensi, latar belakang pendidikan, kondisi fisik, dan kondisi psikhis.

Kata kunci: Kinerja, Pengetahuan tentang Manajemen, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.