candi borobudur kerajaan di indonesia

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH

Hery Pratomo

Abstract


Abstrak:Kebiasaan membaca dan menulis siswa kita masih perlu ditingkatkan, program literasi sekolah perlu dikembangkan. Dalam PIRLS 2011 International Results in Reading, Indonesia menduduki peringkat ke-45 dari 48 negara peserta dengan skor 428 dari skor rata-rata 500 (IEA, 2012). Alternatif solusinya adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS merupakan upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hanyat melalui pelibatan publik. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam GLS sangat strategis, a.l. dalam: a) Pengembangan perpustakaan sekolah, b) Penyediaan buku-buku (pelajaran, fiksi, nonfiksi, referensi, dll.), c) Pengembangan sudut-sudut baca/area baca, d) Pembentukan tim literasi sekolah (TLS), e) Kampanye GLS (melalui poster, papan pengumuman, dll.), f) Pengembangan program 15 menit membaca, g) Pengembangan program kegiatan sekolah bertema literasi, h) Pengembangan kerja sama dengan orang tua/wali siswa, j) Pengembangan kerja sama dengan dunia bisnis/usaha, k) Pelaksanaan monev GLS tingkat sekolah

Kata Kunci:Kepemimpinan Kepala Sekolah dan GLS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.