candi borobudur kerajaan di indonesia

PERSPEKTIF TEKHNOHUMANISTIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

I Ketut Ngurah Ardiawan

Abstract


Abstrak. Perkembangan pendidikan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta menjadi tuntutan baru dalam masyarakat, dunia kerja, dan dunia ilmu pengetahuan yang berimplikasi pada tuntutan perubahan kurikulum secara terus menerus. Dengan demikian keluaran pendidikan akan mampu memberikan kontribusi secara optimal dalam upaya membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Perspektif pendidikan teknohumanistik dalam kurikulum 2013 di sekolah dasar dapat terlihat pada struktur kurikulum dalam bentuk integrasi IPTEK ke semua tema pembelajaran baik menjadi suatu media pembelajaran, sumber pembelajaran maupun alat pembelajarannya. Teknohumanistik menjadi suatu media pembelajaran, sumber pembelajaran maupun alat pembelajaran di implementasikan dalam pembelajaran yang berbasis pendekatan saintifik. Dengan demikian dalam pendidikan teknohumanistik terintegrasi ke semua tema pembelajaran serta diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai yang dapat membentuk karakter siswa dalam pembelajaran. Misalnya pengetahuan nilai-nilai moral, nilai-nilai budaya, kemauan, tanggungjawab, kebiasaan, disiplin, keberanian dan keteguhan hati, pengambilan keputusan, dan ketekunan.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Saintifik, Teknohumanistik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.