candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN SUPERVISI KLINIS SECARA PERIODIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS VI DI SEKOLAH BINAAN KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN

Karsiyem Karsiyem

Abstract


Abstrak. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru kelas VI dalam pembelajaran melalui penerapan supervisi klinis secara periodik di Sekolah Binaan Kecamatan Alian. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kinerja guru kelas VI dalam pembelajaran setelah dilaksanakan supervisi klinis secara periodik.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Binaan yang terdiri dari lima sekolah dasar di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan yaitu mulai Februari sampai dengan Juni 2017.Subjek dan sekaligus objek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI di sekolah binaan sejumlah 5 orang. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dan studi dokumen. Validasi data yang digunakan yaitu dengan teknik triangulasi. Adapun Analisis data yang digunakan yaitu dengan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kepengawasan terdiri tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru kelas VI di Sekolah Binaan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen”. Hal ini terbukti pada hasil penelitian dari setiap siklus kinerja gurukelas VI meningkat, selain itu hasil try out Ujian Sekolah siswa kelas VI juga meningkat.Pada kondisi awal kinerja guru kelas VI dalam menyusun Rencana Pembelajaran nilai rata-rata 2,41 dan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata 2,48. Pada siklus I mengalami kenaikan kinerja guru menjadi menyusun Rencana Pembelajaran nilai rata-rata menjadi 3,04 dan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata 3,06. Pada siklus II mengalami kenaikan kinerja dalam menyusun Rencana Pembelajaran nilai rata-rata 3,48 dan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran 3,57. Pada siklus III mengalami kenaikan kinerja menjadi menyusun Rencana Pembelajaran nilai rata-rata 3,71 dan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata 3,74. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil Try Out I Ujian Sekolah nilai rata-rata 59,73. Kemudian try out Ujian Sekolah II naik menjadi 62,36, dan kemudian pada try out Ujian Sekolah III nilai rata-rata menjadi 66,39.Dengan demikian Penelitian Tindakan Kepengawasan ini terbukti berhasil.

Kata kunci: Supervisi klinis, periodic, kinerja guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.