candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGELOLAAN KELAS YANG BAIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI

Farida Zuniar, Muhamad Chamdani

Abstract


Abstrak.Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tata cara pengelolaan kelas bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang baik yang dapat dilakukan oleh guru yang erat kaitannya dengan pendidikan inklusif. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, litertur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Sumber-sumber kepustakaan dalam penelitian ini diperoleh dari buku, jurnal dan hasil-hasil penelitian (skripsi, tesis dan disertasi). Sehingga dalam artikel ini meliputi proses umum seperti: mengidentifikasikan teori secara sistematis, penemuan pustaka, dan analisis dokumen yang memuat informasi yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu berupa cara-cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat mengelola kelas bagi anak berkebutuhan khusus dengan baik.

Kata kunci: ABK, pendidikan inklusi, pengelolaan kelas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.