PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V sekolah dasar sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data yang terkumpul selanjutnya diuji menggunakan Paired Sample t-test dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V sekolah dasar sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK).
Kata Kunci: keterampilan menyimak cerita, multimedia, Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK)Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.