candi borobudur kerajaan di indonesia

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI PEMBIMBINGAN TATAP MUKA DAN EMAIL BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Sukarno Sukarno, Lies Lestari, Yulianti Yulianti, Sularmi Sularmi

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dalammenyusun desain pembelajaran yang berbentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis kurikulum 2013 melalui pembimbingan tatap muka dan email bagi guru-guru Sekolah Dasar (SD). Bentuk penelitianiniadalah penelitiantindakan,denganpendekatan pelatihan selama empat kali pertemuan tatap muka dan penggunaan email disela-sela waktu tatap muka sebagai ajang konsultasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, konsultasi, dan portofolio. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisisdeskriptif interaktif. Prosedur pelatihan menggunakan presentasi, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: Pembimbingan penyusunan desain pembelajaran kurikulum 2013 melalui tatap muka dan email dapat meningkatkan keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran bagi guru-guru SD. Halinidapatdilihatdari adanya perubahan dari 52 guru yang semula belum sama sekali dapat menyusun desain pembelajaran terdapat 45 orang guru atau 86,5 % berhasil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tugas mengajar masing-masing dengan lengkap. Adapun permasalahannya antara lain belum tersedianya: (a) silabus tematik integratif; (b) buku guru; (c) buku siswa; (d) buku sumber sebagai referensi; (e) banyaknya aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dinilai pada setiap muatan pembelajaran.

Kata kunci: Identifikasi permasalahan, desain pembelajaran,tatap muka dan email


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.