candi borobudur kerajaan di indonesia

RAGAM PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Novita Donna Zamzami, Novi Nurhayati, Musfik Wahyu Sofiyulloh, Moh Salimi

Abstract


Abstrak.Kearifan lokal menjadi salah satu bagian yang penting diberikan pada satuan pendidikan agar peserta didik tidak kehilangan nilai dasar kulturalnya, tidak kehilangan akar sejarahnya serta memiliki wawasan dan pengetahuan atas penyikapan realitas sosial dan lingkungannya secara kultural (Sularso, 2016). Lebih lanjut Adimasana (2000) menyatakan bahwa sector pendidikan masih mengalami kegagalan dalam melaksanakan pendidikan nilai di sekolah. Olehkarenaitu, tujuan penulisan artikel ini berfokus pada kajian (1) Konsep pembelajaran berbasis kearifan lokal, (2) Ragam pembelajara berbasis kearifan lokal. Konsep pembelajaran berbasis kearifan lokal ialah mengaitkan pembelajaran dengan kekayaan setempat/suatu daerah berupa pengetahuan, kepercayaan, norma, adat istiadat, kebudayaan, wawasan dan sebagainya yang merupakan warisan dan dipertahankan sebagai sebuah identitas serta pedoman dalam mengajarkan kita untuk bertindak secara tepat dalam kehidupan. Ragam dari pembelajaran berbasis kearifan lokal diantaranya: pembelajaran berbasis kearifan lokal pada pembelajaran sastra, fisika, pendidikan kewarganegaraan, dan sains.

Kata Kunci: Pembelajaran, Kearifan lokal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.