candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI K-13 TERHADAP PENGEMBANGAN EQ PADA SISWA KELAS IV SDN 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Yuni Latifah, Resti Nur Azilah, Trianah Agustin, Rizki Amalia

Abstract


Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis keberhasilan implementasi K-13 terhadap pengembangan EQ pada siswa kelas IV SD N 7 Kutosari (2) Mendeskripsikan pelaksanaan K-13 dalam pengembangan EQ pada siswa kelas IV SD N 7 Kutosari (3) Mengidentifikasikan faktor-faktor keberhasilan K-13 dalam pengembangan EQ pada siswa kelas IV SD N 7 Kutosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 7 Kutosari. Sumber data berupa guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Kredibilitas data dalam penelitian ini dengan cara triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Prosedur penelitian terdiri atas tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian mencakup empat hal penting yaitu (1) pengembangan EQ dalam K13 berhasil dilakukan pada siswa kelas IV SD N 7 kutosari (2) pelaksanaan K-13 dalam pengembangan EQ dapat dilakukan secara komprehensif melalui internalisasi nilai pendidikan karakter melalui pemberian nasehat dan ketauladanan, pesan moral, pemberian fasilitas belajar, peringatan, dan pembiasaan.(3) Faktor-faktor keberhasilan K-13 dalam pengembangan EQ yaitu pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat, teman bermain, pola asuh orang tua, dan kepribadian siswa.Simpulan penelitian ini yaitu tiga hal penting tentang keberhasilan K13 dalam pengembangan EQ pada siswa kelas IV SD N 7 Kutosari, gambaran pengimplementasian K-13, dan faktor-faktor keberhasilan K-13 dalam mengembangkan EQ.

Kata Kunci: K-13 dan EQ

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.