Vol 1, No 1 (2023)

Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series

DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1

Seminar Nasional "BADRANAYA 2022"
Tema: "Refleksi Dunia Pendidikan dan Kebudayaan Pasca Pandemi : Menuju Era Society 5.0"

Diselenggarakan oleh Unit Pengembangan Kesenian Daerah,  Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Sabtu, 06 Agustus 2022 Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Table of Contents

Articles

Makna Filosofis dalam Tradisi Dhawuhan di Desa Warujanggan Kabupaten Magetan PDF
Ajeng Sekar Mayastuti, Kundharu Saddhono, Djoko Sulaksono 1-10
Purwakanthi dalam Tembang Macapat Malangan Versi Ki Sumantri PDF
Dwi Cahyo Pangestu 11-20
Analisis Kebocoran pada Reaktor Fusi Nuklir dan Pencegahannya dengan Hidrogen Recombiner PDF
Dwi Meisari, Mochammad Ivan Sholahuddin, Yunita Setyowati 21-29
Representasi Perubahan Watak Manusia dalam Serat Kaweritan PDF
Eryneta Nurul Hasanah 30-40
Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Aksara Jawa Berbasis Android pada Siswa SMAN 2 Wonogiri PDF
Fuad Setyawan 41-47
Kesantunan Berbahasa dalam Seni Ludruk (Tinjauan Pragmatik Grup Kirun Madiun) PDF
Benny Setyo Adi Nugroho 48-55
Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Ketoprak “Rembulan Wungu” Karya Bondan Nusantara PDF
Galih Prawita 56-61
Keterampilan Berbicara Ragam Bahasa Jawa Krama Alus Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning PDF
Heny Pratiwi 62-70
Peningkatan Keterampilan Membaca Geguritan Melalui Metode Art Performance-Learning Kelas XII SMK Negeri 1 Kedung PDF
Iwan Setyabudi 71-79
Keterampilan Membaca Aksara Jawa dengan Model TPS THINK PAIR SHARE PDF
Gilang Alif Utama 80-86
Pantangan Pernikahan Adat Jawa dalam Perspektif Tokoh Masyarakat (Studi Kasus Desa Sobo, Kec. Geyer Kabupaten Grobogan) PDF
Hari Setyawan 87-93
Pengembangan Multimedia Interaktif Aksara Jawa Berbasis Smart Apps Creator Untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Jepara PDF
Ika Widya Ningrum 94-100
Makna Simbolis: Sasmita Tembang Naskah Serat Sajarah Urun Wijining Karaton PDF
Lindha Purnawikaraningaji 101-106
Struktur dan Nilai Pendidikan Cerita Cekak dalam Kalawarti Jaya Baya PDF
Jayanti Purwaningsih 107-115
Menggali Nilai Kearifan Lokal Lewat Sesaji dan Prosesi Tradisi Nyadran di Desa Ngepringan Kabupaten Sragen Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa Kelas XI SMK PDF
Luluk Nai’mah 116-125
Tembang Dolanan Gajah-Gajah dan Lir-Ilir: Frasa dan Makna dengan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter PDF
Nanda Arif Wijayanti 126-133
Pengembangan Karakter Siswa Melalui Tembang Pangkur dalam Serat Wedhatama PDF
Tian Setyanto 134-144
Nilai Pendidikan dalam Penokohan Novel Ombak Sandyakalaning PDF
Lukman Affandi 145-151
Cerkak Lelakone Si Lan Man Karya Suparto Brata: Nilai Edukatif untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas PDF
Pandu Arga Siwi 152-155
Peningkatan Ketrampilan Penguasaan Ragam Krama Melalui Pembelajaran Menulis Eksposisi Bahasa Jawa PDF
Mardian Dewi Pamungkas 156-165
Representasi Nilai Integritas dalam Serat Wedhatama Pupuh Gambuh Sebagai Metode Pendidikan Masyarakat oleh KGPAA Mangkunegara Iv dengan Media Tembang Macapat PDF
Rudi Permono Putro 166-174
Penerapan Metode Permainan Model Rangka Baja pada Materi Ajar Bahasa Jawa Kasusastran Modern Menulis Geguritan PDF
Lina Oviantari 175-179
Analisis Unsur-Unsur Pembangun Cerita Cekak yang Dimuat Solopos Edisi Oktober 2021 dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Teks Cerita Cekak di SMA Kelas X PDF
Yuniati Chasanah 180-188
Panganggenipun Tembung Rangkep Wonten ing Kempalan Cerkak Godhong Suruh Temu Rose Anggitanipun Sugito H. S. Kangge Nggambaraken Wosipun Cariyos PDF
Lusia Sulvia Ningrum 189-200
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kesenian Tari Topeng Ireng di Kabupaten Boyolali PDF
Mariana Dwi Safitri 201-207


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649