candi borobudur kerajaan di indonesia

Keterampilan Berbicara Ragam Bahasa Jawa Krama Alus Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Heny Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Jawa krama alus dan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama alus melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang merupakan jenis penelitian yang merupakan bentuk kolaborasi antara peneliti dan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI MIPA 3 SMA NEGERI 11 SEMARANG. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan berbicara bahasa Jawa krama alus siswa kelas XI MIPA 3 SMA NEGERI 11 SEMARANG. Hal ini dapat dilihat melalui beberapa indikator sebagai berikut peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP, peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran, peningkatan sikap siswa dalam pembelajaran, dan peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Jawa krama alus.


Keywords


keterampilan berbicara, bahasa Jawa krama alus, model pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Danescu-Niculescu-Mizil, C., Sudhof, M., Jurafsky, D., Leskovec,

J., Potts, C. (2013). A Computational Approach to Politeness with Application to Social Factors. Diperoleh tanggal 20 Mei 2015. Sumber http://www.stanford.edu/~jurafsky/pubs/politeness-acl13.pdf

Iskandarwassid, & Sunendar D.(2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B.U. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartanto, B. (2010). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDNegeri Dero 2 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustopa, H.E. (2012). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Sesuai Unggah-Ungguh Basa Melalui Model Pembelajaran Kuantum pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Bolon Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi ke 3. Yogyakarta: BPFE.

Slamet, Y. (2009). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UNS Press.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Sukamto, K.E. (2012). Polite Request by Korean Learners of Indonesia. Studies in Literature and Language, 5 (2), 1-9.

Sutardjo, I. (2008). Kawruh Basa saha Kasusastran Jawi. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah FSSR UNS.

Suwandi, S. (2009). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: PSG Rayon 13 FKIP UNS.

Tarigan, H.G. (1998). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Whitcombe, S.W. (2013). Problem-based Learning Students Perceptions of Knowledge and Professional Identity: Occupational Therapists as ‘Knowers’. British Journal of Occupational Therapy, 76 (1), 37-42.

Widodo, S. (2009). Implementasi Manajemen Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649