candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Metode Permainan Model Rangka Baja pada Materi Ajar Bahasa Jawa Kasusastran Modern Menulis Geguritan

Lina Oviantari

Abstract


Geguritan sebagai salah satu bentuk karya  kasusastran Jawa modern menjadi salah satu materi pada pembelajaran Bahasa Jawa. Terdapat banyak nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah karya sastra Jawa modern. Perlu diterapkan strategi yang tepat untuk mencapai kompetensi pada materi menulis geguritan. Kompetensi tersebut adalah memahami bagaimana membuat dan menelaah geguritan yang baik dan benar. Di antara pilihan strategi yang bisa diterapkan adalah metode permainan dengan model “Rangka”. Melalui metode permainan model “rangka”, selain menguasai materi menulis geguritan, peserta didik juga dilatih untuk memiliki rasa tanggung jawab, percaya diri, jujur, dan mampu bekerja sama dalam kelompok. Pada pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator, memberi arahan, serta tempat peserta didik bertanya dan menyampaikan kesulitan saat melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung.


Keywords


Metode permainan, model rangka, geguritan

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning; Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Gubernur Jawa Timur. 2014. Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19Tahun 2014 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah SebagaiMuatan Lokal Wajib Di Sekolah/ Madrasah. Sekretariat Daerah. Surabaya.

Meier. 2002 Active Learning. Boston ; Allyn and Bacon.

Gunawan, Eko. 2017. Seminar Hari Pendidikan Nasional 2017 MendidikGenerasi Jawa Milenial: Tantangan bagi Pendidik di EraTekmologi informasi. Semarang: Griya Jawi

Suparno, Paul, Dkk.2002. Reformasi Pendidikan; Sebuah Rekomendasi.Yogyakarta: Kanisius.

Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pmbelajaran Bahasa dan Sastra.Jakarta: Grafiti.

Waluyo, Herman J. 2009. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649