candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan Karakter Siswa Melalui Tembang Pangkur dalam Serat Wedhatama

Tian Setyanto

Abstract


Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotor). Salah satu langkah untuk mengatasi hal ini yaitu kembali ke budaya lokal Indonesia sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat khususnya masyarakat Jawa. Kebudayaan Jawa telah berusia ribuan tahun. Salah satu bagian dari kebudayaan tersebut adalah kesenian, khususnya seni tembang. Seni tembang dalam budaya Jawa mengandung unsur estetis, etis dan historis Serat Wedhatama (asal kata dalam bahasa  Jawa; Wredhatama) merupakan salah satu karya agung pujangga sekaligus seniman besar pencipta berbagai macam seni tari (beksa) dan tembang. Wayang orang,  wayang madya, pencipta jas Langendriyan (sering digunakan sebagai pakaian pengantin adat Jawa/Solo). Tembang pangkur secara umum dan secara khusus dalam serat Wedhatama mempunya nilai-nilai karakter yang sangat baik, yaitu: Tuntunan moral dalam hal etika pribadi sebagai pembangun pribadi, Tuntunan moral dalam etika sosial.

Keywords


Tembang Pangkur, Serat Wedhatama, Karakter siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. abu. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 2009, Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas, Jakarta.

Durkhrim, Emile. 1990, Pendidikan Moral Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, Jakarta : Erlangga

Eko Budiharjo. 2003, Improvisasi / Inovasi Pembelajaran Menuju Pendidikan Yang Sarat Nilai Moral, Seminar Peningkatan Kualitas Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Kompetensi Bervisi Moral. Yogyakarta : UNY

Gubernur Jawa Tengah, 2005. SK Nomor : 895.5/01/2005 Kurikulum Bahasa Jawa Tahun 2004 Untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTS/SMPLB, dan SMA/MA/SMK/SMALB Negeri dan Swasta. Propinsi Jawa Tengah.

Kadijo, 2003. Penyajian Bahan Ajar Bahasa Jawa pada Buku Pendidikan Dasar. Semarang: CV Redijaya( Rosda Grup)

Paul Suparno. 2002. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta : Kanisius

Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. 2010, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Balitbang : Kemendiknas.

Sudjarwadi, I.E. Prof. 2006. Makalah. Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Bagi Anak-Anak. Semarang : kongres Bahasa Jawa IV.

https://janaloka.wordpress.com/2012/07/05/serat-Wedhatama-bagian-i-tembang-pangkur/




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649