Peningkatan Ketrampilan Penguasaan Ragam Krama Melalui Pembelajaran Menulis Eksposisi Bahasa Jawa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Cihak, D.F. dan Castle, K. (2011). Improving Expository Writing Skills with Explicit and Strategy Instructional Methods in Inclusive Middle School Classrooms. International Journal of Special Education 26 (3): 107-113. Diperoleh 24 April
, dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ959005.pdf
Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Setyowati, I. (2010). Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2009/2010 Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Studi Kasus di SD Negeri Ngoresan No. 89 Surakarta). Skripsi tidak dipublikasikan, UNS, Surakarta.
Keputusan Gubernur Provinsi Jawa Tengah Nomor: 423.5/5/2010 Tanggal 27 Januari 2010. Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) SMA/ SMA LB/ SMK/ MA/ MAK/ Provinsi Jawa Tengah.
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 423.5/14995 Tanggal 4 Juni 2014. Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) SMA/ SMA LB/ SMK/ MA/ MAK/ Provinsi Jawa Tengah.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murtono. (2010). Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia Langkah Maju Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press.
Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Owusu, E dan Adade-Yeboah, A. (2014). Thesis Statement: A Vital Element in Expository. Journal of Language Teaching and Research, 5 (1): 56-62. Diperoleh 15 April 2015, dari http://ojs.academypublisher.com.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006. Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ramadhan, A. (2013). Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI Program Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo (Sebuah Studi Kasus). Skripsi tidak dipublikasikan, UNS, Surakarta.
Subroto,. (2013). “Upaya Pelestarian dan Pengembangan Bahasa Jawa dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah”. Makalah Seminar Nasional, 20 April 2013 di FKIP UNS.
Sutardjo, I. (2006). Mutiara Budaya Jawa. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah FSSR UNS.
Sukoyo, J, Sumarlam, dan Suwandi, S. (2013). Hubungan Antara
Tingkat Tutur dan Sikap Ekstrovert dengan Keterampilan Berbicara Krama Alus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (1): 97-107. Diperoleh 21 April 2015, dari http:jurnal.pasca.uns.ac.id
Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wijayanti, dkk. (2013). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.