candi borobudur kerajaan di indonesia

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kesenian Tari Topeng Ireng di Kabupaten Boyolali

Mariana Dwi Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam keseneian Tari Topeng Ireng. Keberadaan tari merupakan gejala umum ditemukan dalam berbagai komunitas masyarakat. Keberadaan berbagai ragam tari pada berbagai lapisan masyarakat, sesungguhnya merupakan suatu bentuk penting kebudayaan sekaligus sosial yang menarik diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diajarkan dalam kesenian tari Topeng Ireng  dapat dijadikan sebagai nilai-nilai dasar untuk pendidikan karakter. Nilai-nilai tersebut berkaitan dengan tuhan, diri sendiri, dan sesama. Ajaran dalam kesenian tari Topeng Ireng tidak bisa dipisahkan dan berpegang pada nilai-nilai ketuhanan dalam mengahdapi semua masalah kehidupan mereka.


Keywords


Nilai pendidikan karakter, Topeng Ireng.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher

Depdiknas. 2010, 2010. Pembangunan Karakter Bangsa, Tanpa nama penulis Jakarta: Direktorat Pembangunan Karakter dan Pekerti Bangsa.

Dwi Priani. 2014. Bentuk dan Makna Simbolik Kesenian Kubro di Desa Bangsi Kecamatan Kajoran kabupaten Magelang. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 04, No. 03, Mei 2014

Indah Riadi Putri. 2017. Tradisi Masyarakat Selo dan pariwisata di Taman Nasional Gunung Merbabu, Boyolali Jawa Tengah. Sasdaya Gadjah Mada Journal of Humanities Vol 1, No.2, Mei 2017 hal 199-208

Irfan Kurniawan. 2016. Kontradiksi Kebijakan Industri Kreatif dan Usaha Pelestarian Kesenian Tradisi. Bersaung Jurnal Seni Desain dan Budaya Vol 1 No. 2, September 2016.

Jazuli. 2012. Laporan Penelitian : Model Kajian Estetika Tari (Studi Kasus Tari Keprajuritan Kabupeten Semarang). FBS UNNES

Koenjaraningrat. 1969, Rintangan-Rintangan Mental Dalam Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. Jakarta: Bhatara.

Kusmayadi, Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STSI Press.

Sarjiwo. 2008. Kreatifitas, Nilai-Nilai, dan Proses Pembelajaran Dalam Seni Pertunjukan: Olah Tubuh Dalam Perspektif Perbelajaran Wirasa Tari. PANGGUNG. Vol. 18 No. 2 April-Juni 2008.

Sedyawati, Edi. 1984. PressTari, Tinjauan dari Berbagai Segi. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649