candi borobudur kerajaan di indonesia

Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Aksara Jawa Berbasis Android pada Siswa SMAN 2 Wonogiri

Fuad Setyawan

Abstract


Abstract: Javanese script is one of the material that is considered difficult by students. In teaching the material of Javanese script, the teacher still uses a monotonous method. Students will feel bored and not interested in Javanese script. Actually, if   learning use the book sometimes makes we feel boring. Learning Media on smartphone already found in everywhere, especially smartphone based on android. Because the features in Android smartphones can be used to assist in the learning media. By utilizing the features and convenience in a smartphone, then be made an multimedia learning application for learn Javanese script entitled “Learning Javanese script Application Based On Android In SMAN 2 WONOGIRI”. Users can use the application by offline. Development of systems used to build these applications are using Eclipse , Java language for scripting program. The design of the system used is a UML diagram. This application is expected to simplify the learning process of Javanese script through android smartphones.

Abstrak: Aksara jawa merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa. Dalam mengajarkan materi aksara jawa, guru masih menggunakan model yang monoton. siswa akan merasa bosan dan tidak tertarik dengan Aksara Jawa.Sebenarnya jika belajar menggunakan buku terkadang membuat kita merasa bosan. Pembelajaran menggunakan media smartphone sudah ditemukan di mana-mana, terutama smartphone berbasis android. Pasalnya, fitur di smartphone Android bisa digunakan untuk membantu media pembelajaran. Dengan memanfaatkan fitur dan kenyamanan di smartphone, maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran Aksara Jawa yang berjudul "Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Aplikasi Android di SMP Penda Tawnagmangu”. Pengguna bisa menggunakan aplikasi secara offline. Pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini menggunakan Eclipse, bahasa Jawa untuk program scripting. Perancangan sistem yang digunakan adalah diagram UML. Aplikasi ini diharapkan bisa menyederhanakan proses kata-kata bahasa Mandarin melalui smartphone android


Keywords


Pembelajaran; Aksara Jawa; Android

Full Text:

PDF

References


Amin, Suyitno. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.

Ariputri, Galuh Puspita. (2015). Pengembangan Aplikasi Android untuk Mendukung Pembelajaran Listening Bahasa Inggris Kelas XI SMA. Jurnal Unesa. 4 (2).

Azzuhri, Muhandis. (2009). Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi Informasi. INSANIA. 14 (3): 6.

Darusuprapta. (1985). Serat Wulangreh. Surabaya: Citra Jaya.

Efendi, Natalia. (2015). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Android. Teknik Informatika STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Elliott Masie, cisco and comellia (2000). TechLearn: E-Learning Brief. Prentince- Hall, Inc.

Erwandi, Deny, Soleh Permana, Azar Faturohman. (2013). Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika. 2 (2): 11.

Hadiwirodarsono. (2010). Belajar Membaca dan Menulis Aksara Jawa. Solo: Kharisma.

Jenkins, Janet Hanson. (2003). E-Learning Series: Guide For Senior Manangers. LSTN: Generic center.

Priyatmanto, Eko, Aris Rokhmadi, Muhammad Kusban. (2014). Aplikasi Pembelajaran Kaidah Bahasa Jawa Berbasis Android Mobile. Jurnal Bahasa. 2 (1): 23.

Purwanto, Agus. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Berbasis Android. Jurnal Sistem dan Informatika. 11 (1): 53.

Riyadi, Adi. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit Rosenberg, Mark J. (2001). E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge in The Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.

Sabrina, Yolanda. (2015). Rencana Aplikasi Pembelajaran Bahasa Kiasan (Majas) Bahasa Indonesia Berbasis Android. Teknik Informatika: STMIK GI MDP.

Safaat, Nazruddin. (2012). Pemrogaman Aplikasi Mobile Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Sembel, Roy, Sembel Sandra. (2004). E-Learning.

Siahaan. (2002). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Tafiardi. (2005). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penaburan. No 04.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649