candi borobudur kerajaan di indonesia

Peningkatan Keterampilan Membaca Geguritan Melalui Metode Art Performance-Learning Kelas XII SMK Negeri 1 Kedung

Iwan Setyabudi

Abstract


Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran membaca geguritan di kelas XII. Hal ini dikarenakan permasalahan dalam proses pembelajaran monoton hanya menggunakan metode ceramah, tanpa mengembangkan penggunaan metode pembelajaran lain yang lebih inovatif dan kreatif. Proses pembelajaran yang belum komunikatif dan interaktif dengan tidak mengembangkan media pembelajaran yang baik membuat peserta didik pasif serta kurang memiliki minat untuk mengikuti pembelajaran, menyebabkan rendahnya hasil belajar pada keterampilan membaca geguritan. Perbaikan pembelajaran melalui metode Art Performance-Learning bertujuan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca geguritan. Pendekatan yang digunakan melalui laporan hasil penelitian peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kedung. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dua siklus yang terdiri atas tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi atas hasil penelitian perbaikan menunjukkan peningkatan. Hasil tes formatif yang semula 65, pada siklus I meningkat 73, siklus II menjadi 81,5. Dengan KKM 70 rata-rata ketuntasan pada Prasiklus 29,1%, Siklus I menjadi 54%, dan Siklus II menjadi 87,5%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Art Performance-Learning dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca geguritan menjadi lebih baik.


Keywords


peningkatan keterampilan, membaca geguritan, penggunaan metode Art Performance-Learning.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Buku Baik.

Doyin, Mukh. 2008. Seni Baca Geguritan : Persiapan, Pelatihan, Pementasan, dan Penilaian. Semarang: Institute.

Endrwaswara, Suwardi. 2009. Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa. Yogyakarta: Kuntul Press.

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Sendang. 2009. Seni Baca Geguritan. Semarang: Bandungan Institute. Permendiknas No 20 Tahun 2006. (2006). Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta : BSNP.

Sagala, S. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, W. 1979. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widayat, Afendy dkk. 2010. “Peningkatan Pembelajaran Sastra Anak Melalui Model Play-Learning dan Performance-Art Learning”. UNY: Laporan KegiatanPPM.Diaksesdarihttp://eprints.uny.ac.id/1504/1/LAPORAN_PPM2010_ISI_AKHR.doc (Diunduh 5 September 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649