candi borobudur kerajaan di indonesia

Struktur dan Nilai Pendidikan Cerita Cekak dalam Kalawarti Jaya Baya

Jayanti Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan cerkak dalam majalah Jaya Baya edisi Agustus − Oktober 2021, serta mendeskripsikan relevansinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra Jawa kelas X sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tema bersifat tradisional. Alur yang digunakan adalah alur maju. Tokoh terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan. Penokohan dimunculkan melalui dimensi fisik, psikis, dan sosial. Watak psikis tokoh dimunculkan dengan teknik ekspositori dan dramatik. Latar meliputi latar tempat, waktu, dan sosial. Sudut pandang yang digunakan mayoritas adalah sudut pandang orang pertama. Amanat yang disampaikan berkaitan dengan sikap terhadap diri sendiri, terhadap sesama, dan terhadap Tuhan. Nilai moral paling banyak terdapat dalam cerkak Welingmu dan Mbah Kakung. Nilai sosial dalam cerkak Welingmu dan Oncating Cahya. Nilai budaya dalam cerkak Nglegok. Nilai religius dalam cerkak Welingmu, Mbah Kakung, dan Oncating Cahya. Berdasarkan hasil kajian terhadap unsur intrinsik dan nilai pendidikan, cerkak dalam majalah Jaya Baya edisi Agustus − Oktober 2021 dapat digunakan sebagai bahan ajar apresiasi sastra Jawa kelas X SMA.


Keywords


unsur intrinsik, nilai pendidikan, cerkak, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Almerico, Gina M. (2021). Building Character Through Literacy with Children’s Literature. Research in Higher Education Journal. 26. Diperoleh 8 Mei 2015, dari http://www.aabri.com/manuscripts/141989.pdf

Arfiana, Sandita Nityas. (2021). Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Astuti, Kabul. (2013). Perkembangan Majalah Berbahasa Jawa dalam Pelestarian Sastra Jawa. Proceeding Seminar Internasional tentang Bahasa dan Budaya Austronesia-Non Austronesia. Bali: Universitas Udayana.

Hepola, Allison Jill. (2021). The Reality of Fictional Characters and The Cognitive Value of Literature: Some Suprising Insights from Philosophy. Expositions, 8.2, 79-89. Diperoleh 8 Mei 2015, dari http://expositions.journals.villanova.edu/article/view/1840/1684

Huda, Koirul Ulul. (2013). Kumpulan Cerkak Katresnan Rinonce Karya M. Adi Kajian Struktural. Skripsi (Versi elektronik). Diperoleh 24 Oktober 2021, dari http://lib.unnes.ac.id/18416/1/2151408010.pdf

Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Jabrohim & Ari Wulandari (Eds). (2001). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya

Juanda, Asep. (2012). Struktur dan Nilai Moral dalam Cerita Pendek serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Pertama. Alinea, 1 (1), 29-38.

Kurniawan, Eka. (2021). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Didik dalam Kumpulan Cerpen Sepotong Hati yang Baru Karya Tere Liye. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Purba, Antilan. (2010). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Sastra dan Cultural Studies: Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya

Sudrajat. (2012). Cerita Rakyat di Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur (Kajian Struktur, Nilai Edukatif dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar). Alinea, 1 (1), 19-28.

Uniawati. (2011). Cerpen Tiurmaida: Kajian Struktural Tzvetan Todorov. Kandai, 7 (1), 71-80.

Waluyo, Herman J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press

Wellek, Rene & Austin Warren. (2021). Teori Kesusastraan. Terj. Melani Budianta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649