candi borobudur kerajaan di indonesia

Keterampilan Membaca Aksara Jawa dengan Model TPS THINK PAIR SHARE

Gilang Alif Utama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman aksara Jawa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 16 Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari guru mata pelajaran bahasa Jawa dan siswa kelas VIIIF. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data digunakan adalah analisis interaktif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman aksara Jawa pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.


Keywords


membaca pemahaman, aksara Jawa, model pembelajaran kooperatif, Think Pair Share.

Full Text:

PDF

References


Hidayati, Lida Ariesta N. ( 2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Media Flipchart untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SD Negeri Trombol II Mondokan Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Lie, A. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Leaning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Moleong, Lexi J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PTRemaja Rosdakarya

Priyatmanto, Eko, Aris Rokhmadi, Muhammad Kusban. (2014). Aplikasi Pembelajaran Kaidah Bahasa Jawa Berbasis Android Mobile. Jurnal Bahasa. 2 (1): 23.

Purwanto, Agus. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Berbasis Android. Jurnal Sistem dan Informatika. 11 (1): 53.

Riyadi, Adi. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit Rosenberg, Mark J. (2001). E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge in The

Sabrina, Yolanda. (2015). Rencana Aplikasi Pembelajaran Bahasa Kiasan (Majas) Bahasa Indonesia Berbasis Android. Teknik Informatika: STMIK GI MDP.

Safaat, Nazruddin. (2012). Pemrogaman Aplikasi Mobile Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Samidi. (2010). Basa lan Kabudayan Jawi. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Sampsel, Ariana. (2013). Finding the Effect of Think Pair Share on Student Confidence and Participation. Honors Projects, Paper 28. Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649