candi borobudur kerajaan di indonesia

Literature Review: Pembelajaran IPA Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Terhadap Ketrampilan Abad 21 Sebagai Upaya Realisasi Kurikulum Merdeka

Melynia Ariningtyas Prabawati

Abstract


Abstract:. The independent curriculum gives teachers and students the flexibility to explore human knowledge and skills with the environment in order to form resources that are in accordance with the Pancasila student profile and can achieve the expected competencies. Teaching devices are not important in science learning. One definite learning model is Project Based Learning (PjBL) which is an innovative and creative learning activity with the project method as a vehicle for mastering the competencies to be achieved. This study aims to determine the effect of integrated Project Based Learning (PjBL) on 21st century skills as an effort to realize an independent curriculum. The method used is a literature review with a descriptive qualitative approach. The results of 7 journals that have been reviewed get the following results: (1) an integrated Project Based Learning (PjBL) model with an appropriate and complementary approach is effectively applied in learning in improving 4C skills in the curriculum (2) adaptation of the spirit of independent learning with independent learning the project based learning

Abstrak: Kurikulum merdeka memberikan guru maupun peserta didik memiliki keleluasaan untuk mengeksplorasi pengetahuan dan ketrampilan yang dikaitkan dengan lingkungan guna membentuk sumber daya manusia yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Perangkat ajar menjadi unsur penting dalam pembelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan adalah Project Based Learning (PjBL) merupakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan kreatif dengan metode proyek sebagai wahana penguasaan kompetensi yang akan dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) terintegrasi terhadap ketrampilan abad 21 sebagai upaya realisasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari 7 jurnal yang telah di review mendapatkan hasil: (1) model Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan pendekatan yang sesuai dan saling melengkapi efektif diterapkan dalam pembelajaran  dalam meningkatkan ketrampilan 4C pada kurikulum merdeka (2) adaptasi semangat merdeka belajar dengan pembelajaran model project based learning memberi dampak positif dalam meningkatkan keaktifan, rasa ingin tahu, dan semangat belajar siswa, (3) pengembangan model PjBL terintegrasi dapat diwujudkan dalam perangkat pembelajaran sebagai sarana pendukung yang inovatif, kreatif, dan meningkatkan kompetensi belajar peserta didik


Keywords


project based learning terintegrasi, pembelajaran IPA, ketrampilan abad 21, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Afriana, D. (2016). Project Based Learning Integrated To Stem To Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 5(2), 261-267.

Alexandre Grotta., &. E. (2019). Benefits Of The Project-Based Learning To Cope With Computer Programming Education: A Systematic Literature Review. Pbl2019 Immersive Virtual International Conference, 1-10.

Daga, A. (2021). Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Education, 7(3), 1075-1090.

Dwijayanthi, A. A. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 270-281.

Ervan Johan Wicaksana., &. M. (2021). Model Pjbl Pada Era Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 193-200.

Fajra, M. A. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Kota Padang. Cakrawala Pendidikan, 14(1), 1-9.

Fitria., &. S. (2022). Adaptasi Semangat Merdeka Belajar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sebagai Bentuk Inovasi Dalam Pembelajaran. Journal Of Pedagogy And Online Learning, 1(2), 38-46.

Hilmi Hambali., N. F. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Sebagai Implementasi Kampus Merdeka Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 272-279.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan Stem Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 3(4), 264-272.

Kemdikbud. (2019). Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kornelia Devi Kristiani., T. M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Iii 2017, 266-274.

Kusumaningrum, S. D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 241-251.

Laboy-Rush, D. (2010). Integrated Stem Education Through Project-Based Learning.

Listyowati, A. (2018). Kemampuan Mengeksplorasi Bahan Bekas Pada Mahasiswa Pg-Paud Universitas Pgri Adi Buana Surabaya Melalui Project Based Learning. Helper : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(2), 1-4.

Maloy, R. W. (2016). Transforming Learning With New Technologies. United State: Pearson.

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Conference Of Elementary Studies (Pp. 13-22). Surabaya: Pgsd Fkip Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Conference Of Elementary Studies, 13-22.

Ngatijo., R. B. (2022). Penggunaan Pjbl Terintegrasi Steam Dan Life Skill Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kimia Organik. Journal Of The Indonesian Society Of Integrated Chemistry, 14(1), 57-67.

Ngatijo., R. B. (2022). Penggunaan Pjbl Terintegrasi Steam Dan Life Skill Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kimia Organik. Journal Of The Indonesian Society Of Integrated Chemistry, 14(1), 57-67.

Partnership For 21st Century Skills, T. (2011). Framework For 21st Century Learning. Retrieved From Http://Www.P21.Org/Storage/Documents/1.__P21_Framework_2-Pager.Pdf.

Putra, A. &. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot. Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 4(2), 110–122.

Revina, S. (2021). Aspek-Aspek Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar (Sd). Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 12-34.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(1), 266-280.

Titu, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176-186.

Tseng, D. (2011). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) In A Project Based Learning (Pjbl) Environment. International Journal Technology And Design Education, 23, 87-102.

Vhalery, R. S. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 185-201.

Wiki, A. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Sd Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.