candi borobudur kerajaan di indonesia

MODEL PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (Telaah Model Hipotetik pada Guru Bimbingan dan Konseling di D.I. Yogyakarta)

Sri Hartini, Caraka Putra Bhakti, Dody Hartanto

Abstract


Tujuan artikel ini adalah bagaimana penguatan kompetensi profesional guru bimbingan
dan konseling. Kompetensi profesional adalah seperangkat kemampuan yang mendukung
keterlaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling yang profesional. Tantangan
pengembangan profesional guru akan selalu hadir hal ini seiring perkembangan era globalisasi
dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berdampak pada pengembangan kompetensi
konselor yang berorientasi belajar sepanjang hayat. Beberapa riset menunjukkan belum
optimal kompetensi profesional guru. Sejalan dengan berbagai penelitian yang relevan,
kebijakan pemerintah dalam pengembangan mutu guru terus dilakukan mulai adanya
sertifikasi guru, Uji Kompetensi Guru (UKG), Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) belum berdampak signifikan pada
peningkatan profesional guru. Perlu dikembangkan model yang lebih mengarah Continuing
Profesional Develpoment (CPD) dalam penguatan kompetensi profesional guru bimbingan
dan konseling.
Kata kunci: kompetensi, profesional, bimbingan, konseling.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.