candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESULITAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANJER

Husnul Khotimah, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract


Artikel ini membahas dua hal, yaitu: mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menulis
karangan narasi,serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam
menulis karangan narasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Panjer, kecamatan Kebumen,
kabupaten Kebumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Panjer tahun ajaran
2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif-kualitatif. Aspek yang
dianalisis yaitu kesulitan siswa menemukan ide penulisan karangan, serta kesulitan siswa
mengembangkan paragraph dengan kalimat yang sesuai dengan ejaan dan tanda baca yang
tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa antara
lain: (a) menyusun judul, (b) menentukan ide pokok cerita, (c) mengembangkan paragraf, (d)
penggunaan ejaan dan tanda baca. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa
dalam menulis karangan di antaranya: (a) kurang lancarnya mereka dalam mengeluarkan ideide menggunakan bahasa Indonesia, (b) kurang terbiasanya mereka menggunakan bahasa
Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari, (c) kurangnya pemahaman siswa tentang tema
cerita, (d) kurangnya kemampuan mereka dalam berpikir abstrak, dan (e) perkembangan
kognisi siswa yang baru mencapai tahap operasional konkrit.
Kata Kunci: Menulis karangan, Kesulitan menulis karangan, Faktor pengaruh menulis
karangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.