candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN NILAI ULET PESERTA DIDIK SMA DI SMA NEGERI 1 BULUSPESANTREN

Ambar Retno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan instrumen pengukuran nilai ulet pada
peserta didik SMA di SMAN 1 Buluspesantren yang baku (2) mengetahui hasil pengukuran
sikap ulet siswa SMAN 1 Buluspesantren dengan menggunakan instrumen hasil penelitian
pengembangan sikap ulet ini. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan
instrument non tes. Uji validitas instrumendilakukan dengan uji validitas konstruk
menggunakan analisis faktor. Instrumen yang diujicobakan pada 201 siswa SMA Negeri 1
Buluspesantren terdiri dari 48 butir pernyataan terdiri dari 24 butir pernyataan favorable dan
24 butir pernyataan unfavorable. Uji validitas konstruk dengan analisis faktor eksploratori
untuk butir pernyataan favorablemenghasilkan ekstraksi 3 faktor, yang sesuai dengan jumlah
factor yang diestimasi. Koefisien KMO nya sebesar 0. 822. Koefisien reliabilitas yang
ditunjukkan oleh konsistensi internal alpha sebesar 0,804. Demikian pula untuk butir
pernyataan unfavorable berhasil diekstraksi 3 faktor yang sesuai dengan kajian teoritis.
Koefisien KMO nya sebesar 0. 821. Koefisien reliabilitas konsistensi internal alpha diperoleh
sebesar 0,811. Dapat disimpulkan bahwa instrumen final yang dikembangkan memiliki
validitas konstruk dan koefisien reliabilitas konsistensi internal yang baik. Dari instrumen
final yang terdiri dari 22 butir pernyataan valid dilakukan klasifikasi sikap ulet peserta didik
di SMA Negeri 1 Buluspesantren dengan hasil 73,13% peserta didik memiliki keuletan yang
tinggi dan 26,87% peserta didik memiliki keuletan yang sedang. Sementara tidak ada peserta
didik yang memiliki keuletan yang rendah. Agar instrumen ini tidak hanya dapat digunakan di
SMA Negeri 1 buluspesantren, maka disarankan dilakukan penelitian lebih lanjut.
Kata Kunci: validitas konstruk, analisis faktor, nilai ulet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.