candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PEMBERDAYAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SLB NEGERI PURWOREJO

Mega Meilina Priyanti, Sri Sudariyah, Laras Mahmudah, Moh Salimi

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) memperoleh gambaran pelaksanaan proses
pembelajaran kewirausahaan di SLB Negeri Purworejo, (2) memperoleh gambaran metode
yang digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan di SLB Negeri Purworejo, dan (3)
memperoleh gambaran output yang dihasilkan dari pembelajaran kewirausahaan di SLB
Negeri Purworejo sebagai upaya memberdayakan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar
Biasa Negeri Purworejo. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Tahapan yang dilakukan adalah: (1) kajian teoritis mengenai pendidikan kewirausahaan, (2)
observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru keterampilan, dan anak berkebutuhan
khusus. Subjek penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus SMPLB dan SMALB Negeri
Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan
dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus melalui praktik keterampilan.
Kata Kunci: pembelajaran kewirausahaan, pemberdayaan, anak berkebutuhan khusus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.