candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BUKU TEKS PENGKAJIAN MENULIS PUISI BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

St. Y. Slamet, Retno Winarni, Muh. Ismail S.

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku teks pengkajian menulis
puisi berbasis karakter dalam pembelajaran kontekstual untuk Prodi PGSD daerah Jawa
Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Sebelumnya, dilaksanakan
studi pendahuluan (survai kebutuhan). Setelah itu, tahap penyusunan prototype; tahap
pengembangan prototype menjadi buku teks; tahap ketiga dihasilkan buku teks yang sudah
divalidasi; dan tahap keempat dihasilkan buku teks yang sudah diuji eksperimen dan
diterbitkan, diseminarkan melalui FGD. Penelitian dilaksanakan di Prodi PGSD Jawa Tengah
tahun 2016. Analisis data ini dilakukan pada tahap uji coba luas, dengan statistik uji-t Nonindependent,hasilnya menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 5,044> t-tabeldalam t. s. 0,01 =2,144
maka nilai buku teks pengkajian menulis puisi yang dikembangkan lebih tinggi dibandingkan
dengan buku ajar yangbiasa digunakan di kelas. Tahap keempat analisis dengan statistik Uji-t
Independent untuk menguji keefektifan buku teks tersebut. Dari hasil perhitungan statistik
tersebut diperoleh nilai t-hitung = 5,670> nilai t-tabel dalam t. s 0,01 = 2,144. Artinya buku teks
pengkajian menulis puisi yang dikembangkan lebih efektif secara signifikan. . Penelitian ini
sangat penting untuk mengetahui tanggapan dari dosen, mahasiswa dan stakeholders.
Kata kunci: buku teks, menulis puisi, karakter, pembelajaran kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.