candi borobudur kerajaan di indonesia

PENANAMAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR INKLUSI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL

Kiki Rahmawati, Laila Fatmawati

Abstract


Toleransi merupakan nilai karakter yang menghargai keberagaman dan kemajemukan.
Toleransi perlu ditanamkan sejak usia sekolah dasar karena pada usia tersebut anak sensitif
terhadap perbedaan yang ada pada diri dan orang lain sehingga perlu diberikan pemahaman
terkait cara menghargai dan menyikapi perbedaan tersebut. Tujuan penulisan makalah ini
untuk membahas strategi integrasi toleransi dapat dilakukan melalui pembelajaran dan
pembiasaan di sekokah dasar inklusi melalui pendidikan multikultural. Sekolah dasar inklusi
jauh lebih rentan terhadap perbedaan antar siswa karena menempatkan siswa normal dengan
siswa berkebutuhan khusus dalam satu kelas. Kondisi tersebut menjadi memungkinkan
terjadinya intervensi terhadap anak berkebutuhan khusus. Dengan mengintegrasikan nilai
toleransi, siswa di sekolah dasar inklusi tidak sekedar belajar bertoleransi terhadap perbedaan
suku, agama, ras, dan bahasa, namun siswa belajar menghargai segala bentuk kekurangan dari
siswa penyandang anak berkebutuhan khusus. Salah satu alternatif untuk mendukung
penanaman karakter toleransi dalam lingkup sekolah dasar inklusi adalah melalui
pembelajaran berbasis multikultural. Pembelajaran berbasis multikultural mengarahkan siswa
untuk berpandangan dan bersikap toleran terhadap segala bentuk perbedaan, baik suku, ras,
agama, etnik, dan bahasa termasuk perbedaan pada siswa berkebutuhan khusus.
Kata Kunci: karakter, toleransi, inklusi, pembelajaran multikultural

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.