candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE PERMAINAN WHAT IS IT DENGAN MEDIA GAMBARDALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di salah satu SD Kecamatan Purwakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Vina Anggia N. Ariawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan
metode permainan what is it dengan media gambar dalam peningkatan keterampilan
menyimak di kelas I sekolah dasar; (2) untuk meningkatkan keterampilan menyimak di kelas I
sekolah dasar melalui penerapan metode permainan what is it dengan media gambar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan
kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri
dari dua pertemuan. Subjek dari penelitian ini ialah 48 siswa kelas I sekolah dasar di
Kecamatan Purwakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan
thematic analysis atau analisis tematik. Sementara itu, untuk uji validitas data menggunakan
triangulasi, member checking, dan refleksivitas peneliti. Rata-rata hasil keterampilan
menyimak siklus I sebanyak 78,69%; siklus II sebanyak 85,64%; dan siklus III sebanyak
90,65%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode permainan what is it
dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menyimak di kelas I sekolah dasar.
Kata kunci: metode permainan_media gambar_menyimak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.