candi borobudur kerajaan di indonesia

MENGENAL ASAM BASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR N MBELIK KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Peduk Rintayati

Abstract


Tujuan penelitianini adalah untuk pengenalan asam basa melalui penerapan model
pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen pada siswa kelas V
SD N Mbelik Kecamatan Jebres Tahun Pelajaran2 015/2016. Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian inidengantes, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisisi nteraktif. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran Visual,
Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen dapat Menafsirkan Mencontohkan
Mengklasifikasikan Merangkum Menyimpulkan Membandingkan pada siswa kelas V SDN
Mbelik Kecamatan Jebres Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode
observasi yaitu Observasi eksperimental merupakan salah satu dari jenis jenis observasi
eksperimental sebagai berikut: (1) situasi siswa dibuat tidak mengetahui maksud diadakannya
observasi, (2) variasi situasi dengan ceramah ditampilkan gambar dan praktikum, (3) siswa
dihadapkan pada situasi yang seragam, (4) situasi ditimbulkan atau dibuat sengaja, (5) faktorfaktor yang tidak diinginkan pengaruhnya dikontrol secermat mungkin, dan (6) segala aksireaksi dari siswa dicatat dengan teliti dan cermat. Hasil peneltian pembelajaran Visual,
Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen dengan metode observasi eksperimen
pengenalan asam basa siswa mencapai 78% tuntas yang dapat memahami pengetahuan
tentang asam basa. Hasil analisis membuktikan bahwa pengenalan asam basa dapat diterima
dengan baik dibuktikan hasil tes pengetahuan asam basa pada siswa Sekolah Dasar Negeri
Mbelik Kecamatan Jebres Surakarta.
Kata kunci: Mengenal asam basa, Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK), observasi
eksperimental

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.