candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM

Iis Alawiyah, Wahyu Sopandi

Abstract


Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) merupakan model pembelajaran yang
mengembangkan pemahaman konsep melalui investigasi masalah yang bermakna dan dapat
menghasilkan suatu produk nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan
sikap Ilmiah siswa SD setelah diterapkannya Pembelajaran BerbasisProyek (PjBL) pada
materi peristiwa alam. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dengan
desain Nonequivalent (Pre-Test and Post-Test) Kontrol-Group design yang melibatkan
seluruh siswa kelas V SDN 2 Cisomang Kecamatan Cikalongwetan Kab. Bandung Barat.
Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas konrtol
berjumlah 27 siswa. Instrumen berupa skala sikap, pedoman observasi dan angket. Analisis
penelitian menggunakan, N-Gain, dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan secara signifikan sikap ilmiah siswa
terjadi peningkatan lebih tinggi, namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu
dikelas eksperimen N-Gain 0,472 kategori sedang dan kelas kontrol N-Gain 0,283 kategori
rendah. 2) Aspek sikap ilmiah yang diteliti terdiri dari: sikap rasa ingin tahu, kerjasama,
tekun, teliti, dan percaya diri. Pada kelas eksperimen (PjBL) terjadi peningkatan paling tinggi
yaitu pada aspek sikap ilmiah kerjasama N-Gain 0,516 kategori sedang dan peningkatan
paling rendah yaitu pada aspek sikap ilmiah peduli N-Gain 0,291 kategori rendah. Pada kelas
kontrol terjadi peningkatan paling tinggi yaitu pada aspek sikap ilmiah tekun N-Gain 0,473
kategori sedang dan peningkatan paling rendah yaitu pada aspek sikap ilmiah kerjasama NGain 0,025 kategori rendah.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, sikap ilmiah, peristiwa alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.