candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENULIS CERITA BERBASIS PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA SMP

Devy Anggraeny Ina Mustafa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa akan pembelajaran bahasa
Indonesia berdasarkan studi pustaka dan studi lapangan, (2) memaparkan perencanaan dan
pengembangan awal bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis pendekatan proses
berdasarkan analisis kebutuhan siswa, (3) mengetahui kelayakan bahan ajar pembelajaran
menulis cerita berbasis pendekatan proses bagi siswa SMP menurut ahli, guru bahasa
Indonesia, serta siswa, (4) menghasilkan bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis
pendekatan proses yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan prosedur pengembangan menurut Borg and Gall yang meliputi: analisis kebutuhan,
perencanaan pengembangan produk, pengembangan produk, evaluasi produk, dan dihasilkan
produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran menulis cerita
berbasis pendekatan proses bagi siswa SMP, adalah sebagai berikut. (1) Siswa memerlukan
bahan ajar yang berisi cara menulis cerita. (2) Perencanaan dan pengembangan bahan ajar
disesuaikan dengan temuan dari analisis kebutuhan, dengan meramu materi cerita dan cara
menulis cerita berdasarkan teori pendekatan proses menjadi satu kesatuan. (3) Kualitas bahan
ajar pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan
gambar, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan menurut ahli, secara keseluruhan berkualitas
―baik‖. (4) Produk akhir berupa bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis pendekatan
proses yang dikembangkan terdiri dari tiga kegiatan belajar. Kegiatan belajar I berisi
pengenalan cerita, sedangkan kegiatan belajar II dan kegiatan belajar III berisi tahapan
menulis cerita dengan pendekatan proses.
Kata kunci: bahan ajar, menulis cerita, pendekatan proses

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.