candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN

Wahyudi Wahyudi

Abstract


Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) implementasi kurikulum 2013 pada sekolah dasar di Kabupaten Kebumen, (2) permasalahan pada implementasi kurikulum 2013 pada sekolah dasar di Kabupaten Kebumen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis studi kasus Kabupaten Kebumen pada tahun 2017. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 40 sekolah dasar yang telah melaksanakan kurikulum 2013. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan forum grup diskusi. Sumber data meliputi siswa, guru, dan kepala sekolah. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) berdasarkan komponen implementasi kurikulum 2013 secara keseluruhan, maka implementasi Kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar di wilayah Kabupaten Kebumen tahun 2017 mencapai 68,3%, (2) permasalahan yang dihadapi pada implementasi kurikulum 2013 adalah: (a) kelengkapan, keterbacaan, kegrafikan, dan ketepatan waktu pengadaan buku siswa, (b) kesesuaian, kelengkapan, keterbacaan, dan ketepatan pengadaan buku guru, (c) materi, kompetensi instruktur, dan alokasi waktu pelatihan guru, (d) pemahaman buku teks, pencapaian KI, dan pendekatan Saintifik pada proses pembelajaran, (e) pemahaman tentang konsep dan prosedur penilaian, (f) manajemen sekolah, (g) layanan bantuan kesulitan belajar, peminatan, konseling, dan administrasi kesiswaan.

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.