candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN SAINS YANG HUMANIS DI SEKOLAH DASAR

Atika Dewi Evitasari

Abstract


Abstrak. Pendidikan merupakan salah satu sektor pembangunan nasional dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas. Kualitas pendidikan akan baik apabila didukung oleh faktor-faktor pendukung yang berkualitas pula. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah sebagian masih belum memperhatikan keunikan yang dimiliki oleh peserta didik. Guru fokus terhadap materi yang harus tersampaikan kepada peserta didik dan mengabaikan bahwa masing-masing individu tidaklah sama. Hal tersebut terus terjadi sehingga berdampak pada kondisi peserta didik yang jenuh mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah memaparkan tentang pendidikan sains di Sekolah Dasar (SD) yang memanusiakan manusia, dimana pendidikan yang fokus pada peserta didik, yaitu yang menghargai keragaman karakteristik peserta didik, berusaha mengembangkan potensi masing-masing dari peserta didik secara optimal, mengembangkan kecakapan hidup untuk dapat hidup selaras dengan kondisi pribadi dan lingkungan, memberikan bantuan untuk mengatasi kesulitan pribadi termasuk belajar, serta dengan menggunakan berbagai cara untuk mengetahui dan menilai kemajuan belajar mereka masing-masing. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif.

Kata kunci: pendidikan IPA, sekolah dasar, humanis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.