candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN BENERKULON KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012

RETNO WIDURI

Abstract


Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Benerkulon Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS di kelas V SD dengan metode inkuiri dan mendeskripsikan bagaimanakah langkah-langkah penggunaan metode inkuiri dalam peningkatan pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus ada empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas V SDN Benerkulon.

 

Kata kunci: Metode inkuiri, Pembelajaran IPS

 

Abstract: Using Inquiry Method to Increase Social Scient Learning in Fifth Class SDN Benerkulon, Ambal, Kebumen Academic Year 2011/2012. The purpose of this research is to increase sosial scient learning in fifth class elementary school with inquiry method and to descript proces inquiry can improve sosial scient learning. The research consists of three cycles. Each cycle consists four stages are planning, action, observation and reflection. The data analysis technique consists of three components, that is data reduction, data presentation, and conclusion. The results show that the use inquiry method can increase sosial scient learning in fifth class SDN Benerkulon.

 

Key word: Inquiry Method, Sosial Scient Learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.