candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO TAHUN 2013/2014

TEGUH IMANTO

Abstract


ABSTRACT

 

Teguh Imanto. VCD MEDIA USE IN THE IMPROVEMENT OF LEARNING VOCABULARY CONTROL SUBJECT ENGLISH CLASS IV SDN 4 BUMIREJO YEAR 2013/2014. Thesis, the Faculty of Education University of March Surakarta.

The purpose of this study were: (1) To describe the steps VCD media use in improving vocabulary learning English subjects fourth grade students of SDN 4 Bumirejo year 2013/2014, and (2) To describe the use of VCD media learning that can improve the mastery vocabulary of English subjects fourth grade students of SDN 4 Bumirejo year 2013/2014.

This research is a classroom action research (PTK). Research conducted in three cycles. Each cycle consists of two meetings that include planning, action, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students of SD Negeri 4 Bumirejo totaling 30 students. The data source of this research is fourth grade teacher, fourth grade students, and peers as an observer. The technique of collecting data through observation, testing, and analysis of student work. The validity of the source data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. Analysis of data using statistical techniques and comparative descriptive qualitative descriptive data analysis. Procedures studies using models Kemmis and Mc. Taggart form intertwined spiral model that starts with a plan, action, observation, and reflection.

The results showed that the use of learning VCD media with the appropriate measures can improve the mastery of English vocabulary fourth grade students as evidenced by an increase in each cycle both in pace and process of learning and the results of English learning students. Student learning outcomes showed an increase that in the first cycle the average value increased to 77.51 75.10 class in the second cycle, and increased again to 91.16 in the third cycle. On the skills of reading, writing, speaking, and listening to the average values obtained 71.66 in the first cycle, the second cycle 75.38, and 80.02 in the third cycle.

The conclusions of this study is the use of learning VCD media can improve the mastery of English vocabulary fourth grade students of SD Negeri 4 Bumirejo.

 

Keywords: VCD media learning, English language learning, mastery of vocabulary.

 

ABSTRAK

 

Teguh Imanto. PENGGUNAAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO TAHUN  2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media VCD pembelajaran dalam peningkatan penguasaan kosakata mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo tahun 2013/2014, dan (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media VCD pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo tahun 2013/2014.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo yang berjumlah 30 siswa. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV SD, siswa kelas IV SD, dan teman sejawat sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan observasi,  tes, dan analisis kerja murid. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis data diskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart berupa model spiral yang saling berkaitan yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media VCD pembelajaran dengan langkah-langkah yang sesuai dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV yang dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus baik dalam langkah pembelajaran maupun hasil dan proses pembelajaran Bahasa Inggris siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 75,10 meningkat menjadi 77,51 pada siklus II, dan kembali meningkat menjadi 91,16 pada siklus III. Pada keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan diperoleh nilai rata-rata 71,66 pada siklus I, 75,38 pada siklus II, dan 80,02 pada siklus III.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media VCD pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo.

 

Kata kunci: media VCD pembelajaran, pembelajaran bahasa Inggris, penguasaan kosakata.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.