PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), social science learning.
Abstrak: Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Rejosari Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan langkah-langkah CTL, meningkatkan pembelajaran IPS, serta menjelaskan kendala dan solusi pendekatan CTL. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Sumber datanya adalah siswa, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses belajar pada siklus I 71,75%, siklus II 75,98%, dan siklus III 80,04%. Ketuntasan hasil belajar pada kegiatan pretes 7,69%, pada siklus I 32,69%, siklus II 50%, dan siklus III 90,39%.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran IPS.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.