candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KALIHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Kenia Alfiani

Abstract


PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GRAFIS
DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN
PADA SISWA KELAS IV SDN KALIHARJO
TAHUN AJARAN 2014/2015

Oleh:
Kenia Alfiani 1, H. Setyo Budi 2, Imam Suyanto 3
PGSD FKIP UNS Surakarta Jl Kepodang 67 A Panjer Kebumen
e-mail: alvi.niken@gmail.com

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2, 3 Dosen PGSD FKIP UNS


Abstract: The Implementation of Cooperative Script Model using Graphics Media in Improving Writing Skills for The Fourth Grade Students of SDN Kaliharjo in the Academic Year 2014/2015. The objectives of this research are: (1) to describe the implementation of Cooperative Script model using graphic media; (2) to improve essay writing skills; and (3) to identify problems and solutions in implementing Cooperative Script model using graphical media in improving essay writing skills. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) which carried out within three cycles. Subject of the research is the fourth grade students of SDN Kaliharjo, totaling 22 students (7 male and 15 female). The conclusion of this research is the implementation of Cooperative Script model using graphic media can improve essay writing skills for the fourth grade students of SDN Kaliharjo in the academic year of 2014/2015.

Keyword: Cooperative Script, graphic media, writing skills

Abstrak: Penggunaan Model Cooperative Script dengan Media Grafis dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SDN Kaliharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Cooperative Script dengan media grafis, meningkatkan keterampilan menulis karangan, serta mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Cooperative SCript dengan media grafis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Kaliharjo yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 15 perempuan. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Script dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan bagi siswa kelas IV SDN Kaliharjo tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci: Cooperative Script, media grafis, keterampilan menulis

PENDAHULUAN
Pembelajaran bahasa merupakan dasar dari berbagai ilmu pengetahuan, karena bahasa merupakan alat untuk komunikasi. Bahasa juga merupakan alat ekspresi diri sekaligus merupakan alat untuk menunjukkan identitas diri.
Nida (1957); Harris (1977); dan Tarigan (1981) dalam buku Tarigan (2008: 1) mengemukakan bahwa kete-rampilan berbahasa mempunyai empat komponen, yaitu keterampilan menyi-mak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampil-an membaca (reading skills), kete-rampilan menulis (writing skills). Me-nulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain (Tarigan, 2008: 3).
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru kelas IV SDN Kaliharjo, kemampuan menulis karang-an kelas IV masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa dalam menulis khususnya menulis sebuah ka-rangan dari 22 siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal hanya 9 siswa dari kriteria ketuntasan minimal 75 atau jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal hanya 40,90% dengan nilai rata-rata kelas 61,25. Dari data tersebut dapat digali berbagai permasalahan yang terjadi dari lemahnya keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo tahun ajaran 2014/2015. Masalah yang ada berawal dari le-mahnya motivasi siswa dalam menulis karangan. Hal ini, dipengaruhi oleh ga-ya mengajar guru, model pem-belajaran yang monoton, dan tidak ada-nya penggunaan media secara mak-simal yang dapat memudahkan siswa dalam menulis karangan.
Salah satu model dan media yang digunakan adalah penggunaan model Cooperative Script dengan media gra-fis. Dengan penggunaan model Coo-perative Script dengan media grafis dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan imajinasi sis-wa dalam menuangkan ide dan ga-gasannya pada sebuah karangan. Karena melalui media grafis sekiranya dapat memancing ide serta imajinasi siswa dalam mengarang sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Menurut Lambiottte ,dkk. (Huda, 2013 : 213), "Cooperative Script adalah salah satu strategi pembelajaran di mana siswa bekerja secara ber-pasangan dan bergantian secara lisan dalam mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari. Strategi ini di-tujukan untuk membantu siswa berpikir secara sistermatis dan berkonsentrasi pada materi pelajaran. Siswa juga dilatih untuk bekerja sama satu sama lain dalam suasana yang menyenang-kan. Cooperative Script juga me-mungkinkan siswa untuk menemukan ide-ide pokok dari gagasan besar yang disampaikan oleh guru".
Pembelajaran lebih menarik dan siswa menjadi lebih mudah dalam me-nerima informasi dari guru jika meng-gunakan media. Arsyad (2011: 3) menjelaskan bahwa "media dalam pro-ses belajar mengajar diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elek-tronik untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi vi-sual atau verbal". Media atau alat pe-raga akan memudahkan guru dalam menyampaikan suatu materi pem-belajaran, selain itu media juga dapat memberikan daya tarik terhadap siswa untuk memperhatikan dan memahami materi, sehingga siswa akan lebih mudah menerima dan memahami mate-ri yang disampaikan guru.
Media grafis menurut Daryanto (2013) adalah suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tu-lisan, atau simbol visual yang lain de-ngan maksud untuk mengihtisarkan, menggambarkan, dan merangkum suatu ide, data, atau kejadian.
Penggunaan model Cooperative Script dengan media grafis dalam pe-ningkatan keterampilan menulis ka-rangan bagi siswa kelas IV SDN Kaliharjo dapat dilakukan dengan lang-kah-langkah yaitu (1) guru membagi siswa untuk berkelompok secara berpasangan dengan menyiapkan me-dia grafis; (2) guru menjelaskan materi menggunakan media grafis serta mem-bagikan wacana/materi tiap siswa un-tuk dibaca lalu membuat karangan; (3) guru memusatkan perhatian siswa ter-hadap media grafis dengan menetap-kan siapa yang berperan sebagai pem-bicara dan siapa yang berperan se-bagai pendengar; (4) pembaca mem-bacakan karangannya sementara pen-dengar menyimak/ mengoreksi/ me-lengkapi karangan; (5) siswa bertukar peran; (6) siswa melakukan kegiatan sesuai langkah keempat; (7) guru bersama siswa merumuskan kesim-pulan pembelajaran; (8) penutup..
Tujuan penelitian ini yaitu un-tuk: (1) mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Script dengan me-dia grafis dalam peningkatan keteram-pilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo Tahun Ajaran 2014/2015 (2) meningkatkan keteram-pilan menulis karangan melalui model Cooperative Script dengan media grafis pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo Ta-hun Ajaran 2014/2015, (3) meng-identifikasi kendala dan solusi peng-gunaan model Cooperative Script dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo Tahun Ajaran 2014/2015.



METODE PENELITIAN
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Kaliharjo pada semester II tahun ajaran 2014/2015, yakni bulan Februari 2015 sampai de-ngan bulan April 2015. Subjek peneli-tian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliharjo tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa, guru kelas IV dan teman seja-wat. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar ob-servasi, dan pedoman wawancara.
Validitas penelitian ini meng-gunakan triangulasi teknik pengumpul-an data dan sumber data. Triangulasi teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik tes, teknik wawancara, dan observasi. Sedangkan triangulasi sumber data didasarkan pada sudut pandang guru kelas IV, siswa dan te-man sejawat. Triangulasi sumber di-lakukan dengan pengecekan kembali data yang telah diperoleh melalui ke-tiga sumber tersebut untuk menarik kesimpulan tentang hasil tindakan.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan dua macam teknik analisis data, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif (nilai hasil belajar sis-wa dan hasil skor dari observasi) yang dapat dianalisis secara deskriptif. Peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang didapat berupa angka-angka nilai atau persentase tin-dakan, yang dijadikan indikator pelak-sanaan tindakan.
Data kualitatif berupa informasi gambaran tentang pelaksanaan lang-kah-langkah penggunaan model Coo-perative Script dengan media grafis. Data kualitatif berupa hasil wawan-cara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi 3 alur kegiatan yang terjadi secara ber-samaan dan terus menerus selama dan setelah pengumpulan data. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Sugiyono

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.