candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD

Restu Heri Suryana

Abstract


Oleh: Restu Heri Suryana 1), Suhartono 2), Ngatman 3)

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret Kampus VI Kebumen, Jl. Kepodang 67A Kebumen 54312

e-mail: restu_suryana@rocketmail.com

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS

2,3 Dosen PGSD FKIP UNS

Abstract: Using Cooperative Learning Study Teams Games Tournament in Increase Mathematics Learning in The Fifth Class Elementary School. This research have purpose to: 1) increase the learning of Mathematics in the fifth class elementary school using cooperative learning types Teams Games Tournament, 2) describe the excesses and shortages of the use of cooperative learning types Teams Games Tournament in improving mathematics learning in the fifth class elementary school. This research is a classroom action research conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The data analysis technique consists of three components, that is data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results show that the use of cooperative learning Teams Games Tournament type can increase learning of Mathematics in the fifth class elementary school.


Keywords: Teams Games Tournament, Mathematics learning

 

Abstrak: Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas V SD dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, 2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam peningkatan pembelajaran Matematika di kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas V SD.

 

Kata kunci: Teams Games Tournament, pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.