Penggunaan Media Gambar dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Ekspresif di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis ekspresif di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sidomukti tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi instrumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis ekspresif siswa di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media gambar, Keterampilan menulis ekspresif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.