candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE UNIT TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ikka puspyta

Abstract


Abstract: The Using of Unit Teaching Metod to Improve Writing Outcomes Java Language In The Fourth Grade Elementary School.The purpose of this research to improve the writing outcomes java language in fourth grade elementary school. This study is a collaborative action research conducted in three cycles, in cycles include the planning, acting, observation, and reflection. The subject were fourth grade elementary school. Data source of this study are students, teachers, and observers. Data was collected was with test and non-test techniques. The validity of the data using triangulation technique and triangulation of data sources. Conclusi of this study is the using of unit teaching metodcan be improve writing outcomes in java language fourth grade student elementary school.

Keywords: Unit teaching metod, java languagewriting outcomes.

 

Abstrak: Penggunaan Metode Unit Teaching dalam Peningkatan Hasil BelajarMenulisAksaraJawaSiswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan langkah penerapan metode unit teaching, meningkatkan hasil belajar menulis aksara jawa,dan menemukan kendala pada penerapan metode unit teaching siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Metode Unit Teaching dapat meningkatkan hasil belajar menulisaksarajawa siswa kelas IV SD.

Kata kunci: metode unit teaching, hasil belajar menulis aksara jawa.

Abstract: The Using of Unit Teaching Metod to Improve Writing Outcomes Java Language In The Fourth Grade Elementary School.The purpose of this research to improve the writing outcomes java language in fourth grade elementary school. This study is a collaborative action research conducted in three cycles, in cycles include the planning, acting, observation, and reflection. The subject were fourth grade elementary school. Data source of this study are students, teachers, and observers. Data was collected was with test and non-test techniques. The validity of the data using triangulation technique and triangulation of data sources. Conclusi of this study is the using of unit teaching metodcan be improve writing outcomes in java language fourth grade student elementary school.

Keywords: Unit teaching metod, java languagewriting outcomes.

 

Abstrak: Penggunaan Metode Unit Teaching dalam Peningkatan Hasil BelajarMenulisAksaraJawaSiswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan langkah penerapan metode unit teaching, meningkatkan hasil belajar menulis aksara jawa,dan menemukan kendala pada penerapan metode unit teaching siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Metode Unit Teaching dapat meningkatkan hasil belajar menulisaksarajawa siswa kelas IV SD.

Kata kunci: metode unit teaching, hasil belajar menulis aksara jawa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.