candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Puzzle dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Argosari Tahun Ajaran 2014/2015

Eko Prayudi

Abstract


Abstract: The Implementation of Two Stay Two Stray Technique Cooperative Learning Model using Puzzle in Improving Natural Science Learning for the Fifth Grade Students of SD Negeri 1 Argosari in the Academic Year of 2014/2015. The objectives of this research are to describe the procedure of implementation of two stay two stray technique cooperative learning model using puzzle and to improve natural science learning outcomes for the fifth grade students. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) using cycle research design. This research conducted in three cycles; consisting of planning, acting, observing, and reflecting. Subjects of this research were fifth grade students of SD Negeri 1 Argosari totaling 17 students. Data collection technique used test, observation, interview, and documentation. The implementation of two stay two stray technique cooperative learning model using puzzle can improve learning outcomes of natural science for the fifth grade students of state elementary school. Based on the result of the research, percentage of students’ experience increased from 29.41% to 64.71% in the first cycle, 79.41% in the second cycle, and 91.18% in the third cycle.

Keywords: cooperative, two stay two stray, puzzle, learning outcomes, natural science

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Puzzle dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Argosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle serta meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 1 Argosari yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, persentase siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu dari kondisi awal 29,41% menjadi 64,71% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 79,41%, dan pada siklus III kembali meningkat menjadi 91,18%.

Kata Kunci: Kooperatif, two stay two stray, puzzle, hasil belajar, IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.