candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DENGAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GRENGGENG TAHUN AJARAN 2013/2014

unik mahanani safitri

Abstract


Abstrak: Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif dengan Metode Diskusi Buzz Group dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Grenggeng Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan metode diskusi buzz group dan meningkatkan pembelajaran matematika tentang soal cerita untuk siswa  kelas IV  semester II Sekolah Dasar Negeri 3 Grenggeng, serta kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 3 Grenggeng yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan metode diskusi buzz group dapat meningkatkan pembelajaran matematika.

 

Kata Kunci: kreatif-produktif, buzz group, peningkatan, matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.