candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Anita Syafitri

Abstract


Abstract: The Application Of “Research Based Learning Model In Improving Science Learning To Fifth Grade Students Of SDN 1 Selang In The Academic Year 2012/2013. The objectives of this study were; (1) to describe the steps of applying “Research-Based Learning Model to improve science learning about light and the characteristic to fifth graders of SDN 1 Selang in the academic year 2012/2013, (2) to increase learning result of science about light and the characteristic to fifth graders of SDN 1 Selang in the academic year 2012/2013, and (3) to describe the obstacles and solutions. This research is a kolaboration classroom action research (CAR) using a research design cycle. Subject this research Elementary School students in grade V statate school 1 Selang, amounting to 22 students consisting of 12 male and 10 female. This study was conducted in three (3) cycles. Each cycle consists of four elements: planning, implementation, observation, and reflection. The results show that the Research-Based Learninng can increasing  result science of learning V grade the student of 1 Selang elementary School in Academic Year 2012/2013.


Keywords: Research Based Learning model, science.

 

Abstrak: Penerapan Model Research Based Learning dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Research Based Learning dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang cahaya dan sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2012/2013; (2) untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang cahaya dan sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2012/2013;  dan  (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusinya dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang cahaya dan sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 1 Selang yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Research Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.