candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SDN 2 PEJAGOAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

ANDRI WIDYANTORO

Abstract


Andri Widyantoro1,Wahyudi2, Tri Saptuti Susiani3

PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen

Email : andriydoang@gmail.com

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS

2 3 Dosen PGSD FKIP UNS

 

Abstract: The Using Resource Based Learning Model for Improving Civic Learning  IV Grade Student SDN 2 Pejagoan in 2012/2013 Academis Year. This study aims to: describe the improving process of  Civics learning about central goverment by RBL model.  This study was conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. Collecting data through observation, tests and interviews. The validity of the data using triangulation method. The results show that: the model of resource-based learning can improve civics learning fourth grade elementary school students. In the first cycle mastery learning outcomes of students increased to 88.46% or as many as 23 students. Subsequently, in the second cycle mastery learning outcomes of students increased to 92.30% or as many as 24 students. While the third cycle the percentage of students who achieve mastery of learning outcomes civics 100% or as many as 26 students.


Keywords: Model Resource Based Learning, Civics, Improvement.

Abstrak: Penggunaan Model Resource Based Learning Untuk Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Pejagoan. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran PKn tentang sistem pemerintahan tingkat pusat dengan model RBL. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa: model resource based learning dapat meningkatkan pembelajaran PKn siswa kelas IV sekolah dasar. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 88,46% atau sebanyak 23 siswa. Selanjutnya, pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 92,30% atau sebanyak 24 siswa. Sedangkan pada siklus III persentase siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar PKn 100 % atau sebanyak 26 siswa.

 

Kata Kunci: Model  Resource Based Learning, PKn, Peningkatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.