candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yunita Lailati Husna

Abstract


Yunita Lailati Husna1, Wahyudi2, Tri Saptuti Susiani3

E-mail: yunitalailatihusna@yahoo.com

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS

2, 3 Dosen PGSD FKIP UNS

 

Abstract: The Improving Mathematic Learning through the STAD Type of a Cooperative Learning Model by using Visual Media at the Fourth Grade of Elementary School. The aims of the research is to increase mathematic learning fourth grade with STAD implementation by using visual media. This research is a collaborative classroom action research which is conducted in three cycles, each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of the research are fourth grade of elementary school. The data are from the researcher, the fourth grade’s room teacher, and the fourth grade students. The validity of the data used the data triangulation, technique, and resources. The data analysis used descriptive quantitative statistic and qualitative. The conclusion is that the implementation of STAD by using visual media can improve the mathematic learning in fractional material for the fourth grade of elementary school.

Key words: STAD Type, Visual Media, Mathematic, Learning.

Abstrak: Peningkatan Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Visual Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas IV SD melalui model STAD dengan media visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data berasal dari peneliti, guru kelas IV dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data, teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe STAD dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Tipe STAD, Media Visual, Pembelajaran, Matematika.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.