candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD

GUNAWAN GUNAWAN

Abstract


Abstrack: Application of Model Jigsaw’s Learning in Improvement Process and result Social Studies in V Grade State Elementary School. (1) The purpose of this research was:Describre application of Model Jigsaw’s Learning, (2) Describe constraints and solutions application of Model Jigsaw’s Learning. This study is classroom action research conducted in three cycles, each cycles consist of planning, action, observation, and reflection. The result showed that (1) application of Model Jigsaw’s Learning that implemented is good can improve of process and result Social Studies, (2) The constraints in application of Model is difficulty in guiding the students in the original group to explain to a friend and The solution is selecting students who have at least 10 ratings in class.

Keywords: Jigsaw’s Learning, learning process, learning result

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran JIGSAW, (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi terhadap penerapan model pembelajaran JIGSAW. Penelitian ini merupakan PTK terdiri dari tiga siklus dengan tiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa  (1) Penerapan model pembelajaran JIGSAW dalam peningkatan proses dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk atau langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS (2) Hambatan/kendala adalah kesulitan membimbing siswa dalam menjelaskan ke teman kelompok asalnya dan diatasi dengan cara memilih siswa berperingkat 10 besar di kelas.

 

Kata kunci: pembelajaran JIGSAW, proses belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.