candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS II SD

SITI KHARIROKH

Abstract


Abstract: The use of Quantum Teaching Model for Improving Student Learning result Mathemathic Class II SD. This study aims to: improve learning result of students' mathemathic class II SD. The experiment was conducted in three cycles. The subjects were all students in grade II SD Negeri 2 Tambakagung which totaled 12 students. Sources of data in this study were students, peers, researchers, and documents. Data collection techniques using observation, documentation and testing. Validity of the data using triangulation techniques and source. The validity of the data using triangulation techniques and sources. Data analysis in this study is a descriptive analysis techniques which include data reduction, data display, and conclusion. The results showed that the use of models of Quantum Teaching, can improve student learning result Mathematic class II SD.

Keywords: Quantum Teaching Model, Learning Result, Mathemathic.

 

Abstrak: Penggunaan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 2 Tambakagung yang berjumlah 12 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, teman sejawat, peneliti dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Bentuk analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching, dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa  kelas II SD.

 

Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, Matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.