candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

ULFI YULISMINA

Abstract


Oleh: Ulfi Yulismina1), Warsiti2), Ngatman3)

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e-mail: yulisminaulfi@yahoo.co.id

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPAdan mendiskripsikan kendala serta solusinya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Lundong tahun ajaran 2012/3013 berjumlah 13 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif  yang bersumber dari siswa, peneliti, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumen, dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)  dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD.

 

Kata Kunci: Group Investigation (GI), Hasil Belajar, IPA.

 

Abstract: The Application of Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) in Increasing Learning Result of Science Fourth Grade Student Elementary. This study aims to: improve learning result on science students, describe problem and solution. The research was conducted in two cycles. The subjects were all students of 4nd grade SDN 2 Lundong academic year 2012/2013 with total 13 students. The data is used data qualitative and data quantitative which from students, peers, and researcher. The data techniq use observation, study documentation, and testing. The validity of data used triangulation techniques and triangulation sources. Analysis data use reduction, presentation of data, and verification. Research procedures use plan, application, observation, and reflection. The results showed that the Application of Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) can improve 4nd grade student learning result on science.

Keywords: Group Investigation, Learning Result, Science.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.